Warga Keluhkan Jalan Rusak

Warga Keluhkan Jalan Rusak

RUSAKNYA sejumlah akses jalan khususnya jalan nasional yang ada di Kabupaten Rejang Lebong mulai dikeluhkan warga. Salah satunya ring road Kota Curup yaitu Dari Jalur II Taba Mulan menuju Kelurahan Simpang Nangka.

Kerusakan jalan yang dikeluhkan warga tersebut khususnya di kawasan Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang. Dimana menurutnya di kawasan tersebut gorong-gorong yang ada ditengah jalan nasional amblas dan membahayakan pengendara.

\"Lubang jalan ini sudah sangat kami keluhkan, karena banyak menyebabkan pengendara terjatuh, khususnya pengendara roda dua,\" sampai Mardani (28) salah satu pengendara yang melintas dijalan tersebut Kamis (22/11) pagi.

Bahkan menurut Mardani, pada Rabu (21/11) kemarin, amblasnya jalan tersebut membuat satu unit mobil truk yang sarat muatan terperosok. Kondisi tersebut tentu saja menyebabkan kemacetan, karena mobil tersebut terperosok tepat ditengah-tengah jalan. Kerusakan jalan nasional tersebut sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir, namun hingga kemarin belum ada tanda-tanda perbaikan oleh pihak terkait.

\"Kami berharap jalan ini bisa segera diperbaiki, karena sangat berbahaya bagi pengendara khususnya pada malam hari,\" sampai Mardani.

Terkait dengan kerusakan jalan tersebut, Wakil Ketua II DPRD Rejang Lebong, Surya ST menjelaskan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tidak bisa melakukan perbaikan lantaran jalan tersebut adalah jalan nasional sehingga kewenangannya bukan di Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong. \"Karena jalan itu adalah nasional, nanti akan kami sampaikan kepada anggota DPRD Provinsi Bengkulu atau DPR RI untuk bisa segera diperbaiki,\" sampai Surya.

Di sisi lain, Sekretaris Dinas Pekerjaan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Rejang Lebong, Hamsyapari ST saat dikonfirmasi juga mengungkapkan hal yang serupa bahwa pihaknya tidak bisa melakukan perbaikan karena kewenangan jalan yang rusak tersebut bukan pada Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

Meskipun Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, tidak bisa melakukan perbaikan, pihaknya tetap berupaya agar jalan tersebut segera diperbaiki. Dimana upaya yang mereka lakukan yaitu dengan membuat laporan tertulis kepada Dinas PU Provinsi Bengkulu.\"Terkait denngan kerusakan jalan di Air Meles Atas kita akan membuat laporan tertulis dengan harapan segera ditindak lanjuti,\" harapnya.

Selain itu, Hamsapari juga mengungkapkan Dinas PUPRPKP Rejang Lebong juga telah melakukan pendataan jalan-jalan provinsi dan nasional yang mengalami kerusakan di Kabupaten Rejang Lebong, terutama jalan Lintas Curup-Lubuklinggau yang beberapa lokasi mengalami kerusakan cukup parah seperti dikawasan Kecamatan Selupu Rejang yang jalannya sudah banyak yang rusak.

\"Selain melakukan pendataan, kita juga melakukan perbaikan dengan sistem tambal sulam untuk jalan provinsi dan nasional yang rusak seperti di Jalan Kartini, kita lakukan perbaikan karen yang menggunakan adalah warga Rejang Lebong sendiri,\" demikian Hamsapari. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: